Kamis, 05 Januari 2017

UAS ERP RIZAL AFANDI ANAR 4413210054

SOAL NOMOR 1A









SOAL NOMOR 1B






#UPERPUAS01AOAL #UPERPUAS018

JAWABAN NOMOR 3

Bissmilahhirohmanirohim


Modul yang penulis bahas disini adalah modul accounting, Menu add-ons yang pertama kali ditambahkan oleh penulis adalah menu Add-Ons productt_without_taxes. Pada pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara untuk menginstall menu productt_without_taxes sebagai berikut :


Selanjutnya pengguna dapat mengarahkan kursor dan mengklik pada kolom yang terdapat dipojok kanan atas dengan mengklik tanda x pada featured lalu isi nama menu add-ons dengan nama product withou taxes, setelah mengetikan nama add-ons pada kolom tersebut maka akan muncul menu sebagai berikut


Namun setelah saya instal tidak ada penambahan atau perubahan satu pun menu di modul accounting. Maka saya akan menjelaskan tentang modul “follow up” . karena saya belum mengetahui apa itu follow up maka akan saya jelaskan terlebuh dahulu.
modul yang ada di odoo yaitu modul tentang payment follow up sebelum nya saya akan menjelaskan apa itu account follow up.

follow up itu sendiri diposisikan sebagai langkah strategis untuk terjadi penjualan karena jarang sekali konsumen langsung memutuskan membeli pada pandangan pertama apalagi terhadap produk dengan nilai nominal besar dan menjadi kebutuhan pokok.

Disinilah dituntut keahlian dari tenaga pemasar proyek. Tenaga marketing yang bagus harus mengerti bagaimana cara menfollow up konsumen, follow up dilakukan terprogram dan terkesan tidak mendesak, meneror dan memaksa. Intinya memang memaksa konsumen untuk membeli tapi dengan cara halus sehingga konsumen tidak sadar bahwa mereka digiring untuk membeli.

Oleh karena itu diperlukan tenaga marketing yang mampu meyakinkan konsumen. Keyakinan konsumen akan timbul apabila si marketing mampu memahami keinginan konsumen, ber-empati terhadap kesulitan-kesulitan mereka dan memberikan solusi terhadap permasalahan mereka, jadi tidak melulu membicarakan tentang produknya.

Jika sudah terbagun keyakinan konsumen maka konsumen akan membuka diri, mereka akan menerima masukan-masukan yang diberikan dan merasakan bahwa kehadiran tenaga marketing sebagai problem solver bagi mereka, dan closing bisa terjadi pada akhirnya. Berikut adalah cara pembuatan add-ons follow up :


Sama seperti sebelum nya pada saat mengisntall  modul add ons tentang pajak pertama saya akan masuk di odoo dengan menggunakan database PT.JELLYFISH setelah itu pilih menu setting kemudian pilih modules apps, Setalah terinstal kemudian masuk pada menu accounting cari perubahan menu apa yang terjadi penambahan pada modul accounting hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Berdasarkan gambar diatas dapat dilihat  hasil penambahan yang terjadi pada menu accounting setelah terinstal account follow up di modul accounting.


Fungsi dari sub menu reconcile invoice & payment itu menjelaskan tentang tentang jurnal item atau produk untuk menjelaskan dan mendamaikan tentang jurnal apa yang kita pilih,periode tahun berapayang kita tentukan,siapa pather yang bekerja sama dengan kita dan refrensi apa yang kita gunakan.


Fungsi dari sub menu send latters and emails adalah berfungsi untuk mengirim laporan follow up  menggunakan email yang telah terintegrasi dengan send latters and emails yang ada pada modul acounting. 


Fungsi sub menu di manual follow ups adalah untuk mengetahui pengguna follow up dan dalam cara pengisian nya terdapat yang harus di isi diantaranya adalah nama, tanggal aksi,  siapa tindak lanjut yang bertanggung jawab dan jumlah tempo.


Berikut ini adalah salah satu daftar nama pengguna manual follow up yang berisi tentang biodata pengguna,alamat website,nomor telepon,alamat email yang menjelaskan tentang data follow up.

Tambahan untuk melengkapi soal uas kali ini penulis bahas disini adalah modul accounting, Menu add-ons yang pertama kali ditambahkan oleh penulis adalah menu Add-Ons account_draft_invoice_print. Pada pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara untuk menginstall menu account_draft_invoice_print, panduan cara menggunakan menu purchase_discount, kegunaan dari menu purchase_discount, perbedaan sebelum dan sesudah modul purchase_discount di add-ons sebagai berikut :

  1. Cara install menu account draft invoice print
            Pertama yang harus dilakukan pengguna adalah membuka setting pada Odoo lalu klik menu Apps pada menu-menu sebelah kiri, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. 


Selanjutnya pengguna dapat mengarahkan kursor dan mengklik pada kolom yang terdapat dipojok kanan atas dengan mengklik tanda x pada featured lalu isi nama menu add-ons dengan nama Account Draft Invoice Print, setelah mengetikan nama add-ons pada kolom tersebut maka akan muncul menu sebagai berikut


KEGUNAAN MENGGUNAKAN MENU ACCOUNT DRAFT INVOICE PRINT
Keguanaan yang diberikan oleh vitur menu Account Draft Invoice Print adalah kemudahan serta kenyamanan yang diberikan kepada pengguna karena pengguna tidak perlu masuk ke menu dropdown untuk melakukan “print” tetapi tombol print akan muncul didalam tampilan menu yang telah berisi data.

SEBELUM DAN SESUDAH MENU ACCOUNT DRAFT INVOICE PRINT DI INSTALL
Disini penulis akan menjelaskan perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah melakukan install pada menu Account Draft Invoice Print, Pertama penulis akan menjelaskan perbedaan yang terjadi pada menu Accounting dengan melihat Sub-Menu Customers

Sesudah dan sebelum di install

Dari gambar di atas belum terlihat adanya perbedaan yang terjadi, lalu penulis mencoba mencari perbedaannya dengan mengklik Customer Invoices. Disinilah penulis menemukan perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah di install yaitu adanya kolom print dapat dilihat gambar dibawah ini :


Sebelum di install

Sesudah di install

CARA PERNGGUNAAN MENU ADD-ONS
Cara menggunakan menu add-ons ini sangat mudah karna sifat dari menu Account Draft Invoice Print ini adalah membantu kemudahan kepada pengguna yaitu kemudahan untuk mencetak hasil dari data yang telah kita buat, caranya dengan meng klik print yang terapat di pojok atas kiri.


Jika oddo yang terdapat di komputer pengguna belum terintegrasi dengan printer, data yang akan di print secara otomatis akan tersimpan di data komputer dengan format pdf. 


#UPERPUAS03A #UPERPUAS03B #UPERPUAS03C #UPERPUAS03D #UPERPUAS03E #UPERPUAS03F
4. Contoh transaksi ERP didalam kehidupan sehari – hari.

Berikut ini merupakan analisis data dari bon servis motor tersebut dari sisi ERP :
a.      Tulisan “am2 cell repairing mobilephone” menunjukkan identitas dari bon itu sendiri. Hal ini termasuk dalam modul marketing sales didalam Odoo.
b.      “Nama/Tanggal dan Alamat/Telp  merupakan keterangan yang di isi oleh konsumen. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul purchase pada Odoo.
c.      No. Nota merupakan nomor keterangan dari servis. Hal ini termasuk salah satu data yang dibutuhkan dalam modul purchase pada Odoo.
d.      TANJUNG BENUANG (PASAR KAMIS C1), PEMENANG SELATAN, MERANGIN, 08852223333; merupakan alamat lengkap dan nomor telepon dari bengkel handphone resmi tersebut yang dapat memudahkan pada konsumennya untuk mencari alamat dari bengkel handphone resmi tersebut untuk menyampaikan keluhan dan saran. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul marketing and sales.
e.      Type ponsel dan IMEI, merupakan type dan kode hand phone yang akan diservis. Data ini termasuk data mengenai hand phone konsumen, berhubungan dengan modul purchase.
f.       Interface, Audio, Functional, Extended, Sofware Merupakan rincian dari kerusakan handphone yang terjadi pada konsumen. Termasuk ke dalam modul purchase.
g.      Sparepart, Works, dan Total biaya merupakan harga yang harus dibayar oleh konsumen. Hal ini termasuk kedalam modul purchase dan accounting & finances.

#UPERPUAS04

 JAWABAN NOMOR 5









#UPERP8UAS05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar