#UPERPUAS01AOAL #UPERPUAS018
JAWABAN
NOMOR 3
Bissmilahhirohmanirohim
Modul yang penulis bahas disini adalah
modul accounting, Menu add-ons yang pertama kali
ditambahkan oleh penulis adalah menu Add-Ons productt_without_taxes.
Pada pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara untuk
menginstall menu productt_without_taxes sebagai berikut :
Selanjutnya
pengguna dapat mengarahkan kursor dan mengklik pada kolom yang terdapat dipojok
kanan atas dengan mengklik tanda x pada featured lalu isi nama menu add-ons
dengan nama product withou taxes,
setelah mengetikan nama add-ons pada kolom tersebut maka akan muncul menu
sebagai berikut
Namun setelah saya instal tidak ada penambahan atau perubahan satu pun menu di modul accounting. Maka saya akan
menjelaskan tentang modul “follow up” . karena saya belum mengetahui apa itu
follow up maka akan saya jelaskan terlebuh dahulu.
modul yang ada di
odoo yaitu modul tentang payment follow up sebelum nya saya akan menjelaskan
apa itu account follow up.
follow up itu sendiri diposisikan
sebagai langkah strategis untuk terjadi penjualan karena jarang sekali konsumen
langsung memutuskan membeli pada pandangan pertama apalagi terhadap produk
dengan nilai nominal besar dan menjadi kebutuhan pokok.
Disinilah
dituntut keahlian dari tenaga pemasar proyek. Tenaga marketing yang bagus harus mengerti bagaimana
cara menfollow up konsumen, follow up dilakukan terprogram dan terkesan
tidak mendesak, meneror dan memaksa. Intinya memang memaksa konsumen untuk
membeli tapi dengan cara halus sehingga konsumen tidak sadar bahwa mereka
digiring untuk membeli.
Oleh
karena itu diperlukan tenaga marketing yang mampu meyakinkan konsumen.
Keyakinan konsumen akan timbul apabila si marketing mampu memahami keinginan
konsumen, ber-empati terhadap kesulitan-kesulitan mereka
dan memberikan solusi terhadap permasalahan mereka, jadi tidak melulu
membicarakan tentang produknya.
Jika
sudah terbagun keyakinan konsumen maka konsumen akan membuka diri, mereka akan
menerima masukan-masukan yang diberikan dan merasakan bahwa kehadiran tenaga
marketing sebagai problem solver bagi mereka, dan closing bisa terjadi pada akhirnya. Berikut adalah cara pembuatan add-ons follow up :
Sama
seperti sebelum nya pada saat mengisntall
modul add ons tentang pajak pertama saya akan masuk di odoo dengan
menggunakan database PT.JELLYFISH
setelah itu pilih menu setting kemudian pilih modules apps, Setalah terinstal kemudian masuk pada menu accounting cari
perubahan menu apa yang terjadi penambahan pada modul accounting hasilnya
seperti gambar dibawah ini.
Berdasarkan
gambar diatas dapat dilihat hasil
penambahan yang terjadi pada menu accounting setelah terinstal account follow
up di modul accounting.
Fungsi dari sub
menu reconcile invoice & payment itu menjelaskan tentang tentang jurnal
item atau produk untuk menjelaskan dan mendamaikan tentang jurnal apa yang kita
pilih,periode tahun berapayang kita tentukan,siapa pather yang bekerja sama
dengan kita dan refrensi apa yang kita gunakan.
Fungsi dari sub
menu send latters and emails adalah berfungsi untuk mengirim laporan follow
up menggunakan email yang telah
terintegrasi dengan send latters and emails yang ada pada modul acounting.
Fungsi sub menu
di manual follow ups adalah untuk mengetahui pengguna follow up dan dalam cara
pengisian nya terdapat yang harus di isi diantaranya adalah nama, tanggal aksi, siapa tindak lanjut yang bertanggung jawab
dan jumlah tempo.
Berikut ini
adalah salah satu daftar nama pengguna manual follow up yang berisi tentang
biodata pengguna,alamat website,nomor telepon,alamat email yang menjelaskan
tentang data follow up.
Tambahan untuk melengkapi soal uas kali ini penulis bahas disini adalah modul accounting, Menu
add-ons yang pertama kali ditambahkan oleh penulis adalah menu Add-Ons account_draft_invoice_print.
Pada pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara untuk
menginstall menu account_draft_invoice_print, panduan cara menggunakan menu
purchase_discount, kegunaan dari menu purchase_discount, perbedaan sebelum dan
sesudah modul purchase_discount di add-ons sebagai berikut :
1. Cara
install menu account draft
invoice print
Pertama yang harus dilakukan pengguna
adalah membuka setting pada Odoo lalu klik menu Apps pada menu-menu sebelah
kiri, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
Selanjutnya
pengguna dapat mengarahkan kursor dan mengklik pada kolom yang terdapat dipojok
kanan atas dengan mengklik tanda x pada featured lalu isi nama menu add-ons
dengan nama Account Draft Invoice Print,
setelah mengetikan nama add-ons pada kolom tersebut maka akan muncul menu
sebagai berikut
KEGUNAAN MENGGUNAKAN MENU ACCOUNT DRAFT INVOICE PRINT
Keguanaan yang diberikan oleh vitur menu Account Draft Invoice Print adalah kemudahan serta kenyamanan yang
diberikan kepada pengguna karena pengguna tidak perlu masuk ke menu dropdown untuk melakukan “print” tetapi
tombol print akan muncul didalam tampilan menu yang telah berisi data.
SEBELUM
DAN SESUDAH MENU ACCOUNT
DRAFT INVOICE PRINT DI INSTALL
Disini penulis akan menjelaskan
perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah melakukan install pada menu Account Draft Invoice Print, Pertama
penulis akan menjelaskan perbedaan yang terjadi pada menu Accounting dengan melihat Sub-Menu
Customers
Sesudah dan sebelum di install
Dari gambar di atas belum terlihat adanya perbedaan yang
terjadi, lalu penulis mencoba mencari perbedaannya dengan mengklik Customer Invoices. Disinilah penulis
menemukan perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah di install yaitu adanya
kolom print dapat dilihat gambar dibawah ini :
Sebelum di install
Sesudah di install
CARA PERNGGUNAAN MENU ADD-ONS
Cara menggunakan menu add-ons ini
sangat mudah karna sifat dari menu Account
Draft Invoice Print ini adalah membantu kemudahan kepada pengguna yaitu
kemudahan untuk mencetak hasil dari data yang telah kita buat, caranya dengan
meng klik print yang terapat di pojok atas kiri.
Jika oddo yang terdapat di komputer pengguna belum
terintegrasi dengan printer, data yang akan di print secara otomatis akan
tersimpan di data komputer dengan format pdf.
#UPERPUAS03A #UPERPUAS03B #UPERPUAS03C #UPERPUAS03D #UPERPUAS03E #UPERPUAS03F
4. Contoh transaksi ERP didalam kehidupan sehari – hari.
Berikut ini merupakan analisis data dari
bon servis motor tersebut dari sisi ERP :
a.
Tulisan
“am2 cell repairing mobilephone”
menunjukkan identitas dari bon itu sendiri. Hal ini termasuk dalam modul marketing sales didalam Odoo.
b.
“Nama/Tanggal dan
Alamat/Telp merupakan keterangan yang di
isi oleh konsumen. Hal ini
termasuk ke dalam bisnis proses modul purchase
pada Odoo.
c.
No. Nota
merupakan nomor keterangan dari servis. Hal ini termasuk salah satu data yang
dibutuhkan dalam modul purchase pada
Odoo.
d.
TANJUNG BENUANG (PASAR KAMIS C1), PEMENANG SELATAN,
MERANGIN, 08852223333;
merupakan alamat lengkap dan nomor telepon dari bengkel handphone resmi tersebut yang dapat memudahkan
pada konsumennya untuk mencari alamat dari bengkel handphone resmi tersebut untuk menyampaikan
keluhan dan saran. Hal ini termasuk kedalam bisnis proses modul marketing and sales.
e.
Type ponsel dan IMEI,
merupakan type dan kode hand phone yang akan diservis. Data ini termasuk data mengenai hand phone konsumen, berhubungan dengan modul purchase.
f.
Interface, Audio, Functional, Extended, Sofware Merupakan
rincian dari kerusakan handphone yang terjadi pada konsumen. Termasuk ke dalam modul purchase.
g.
Sparepart, Works, dan Total biaya merupakan harga yang harus dibayar oleh
konsumen. Hal ini termasuk kedalam modul purchase
dan accounting & finances.
#UPERPUAS04
JAWABAN NOMOR 5
#UPERP8UAS05
Tidak ada komentar:
Posting Komentar