NOMER 1A
NOMER 1B
Langkah selanjutnya adalah kita isi kolom Costumer lalu kita pilih siapa Costumer kita siapa, maka selajutnya akan muncul nama perusahaan, alamat, email dan telepon perusahaan costumer. Langkah selanjutnya isi kolom Contact Name beserta gelarnya. Selanjutnya isi pilihan produk yang akan dikirim pada kolom Tags, misalnya kita pilih Software.
Langkah selanjutnya kita jelaskan mengenai pengisian Form pada menu Opportunities dengan mengklik tombol Create.
Langkah selanjutnya adalah isi kolom Costumer siapakah yang akan menjadi Costumer kita, maka setelah itu akan muncul isi dari kolom Email, Phone, Sales Person. Langkah selanjutnya isi kolom Next Action misalnya tanggal 6 Januari 2017 dan pilih jenis barang yang dibutuhkan pada kolom Tags.
Langkah selanjutnya kita akan mengisi Form Quotations.
Langkah awal isi kolom Customer, siapa yang akan menjadi Customer kita maka selanjutnya akan muncul tampilan kolom Warehouse. Isi kolom tanggal pengisian Form pada kolom Date, lalu isi kolom Valid Until sebagai tanggal berlaku sampai kapan. Selanjutnya isi kolom Add an Item, pilih produk apa yang kita butuhkan, pilih Unit Price untuk memunculkan harga dari produk tersebut isi kolom Taxes untuk mengetahui pajak dari produk tersebut lalu klik tombol Update pada kolom total dibawah untuk mengkalkulasikan total biaya.
Karena Quotations dan Sales Order jadi saya tidak memposting lagi.
#UPERP8UAS01A, #UPERP8UAS01B
NOMER 3
Cara
Install Modul Add-On (Dates on Sales Order
Cara menginstall add-ons pada
odoo di modul website yang pertama masuk pada odoo berkahjaya
dapat dilihat
pada gambar dibawah ini.
Kemudian buka Menu Add-Ons pada google drive, dapat dilihat pada gambar
dibawah ini.
Setelah itu copy “sale_order_line_dates” pada search seperti pada gambar dibawah ini.
Enter dan akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
Setelah
modul yang diinginkan muncul, maka klik Install pada modul yang muncul, lalu
tunggu
sampai proses ini berakhir. Berakhirnya proses ini dapat dilihat dari
tulisan “Installed” yang terdapat pada bawah kotak dialog pendowloadan modul.
Panduan
Cara Menggunakan Modul Add-On (Dates on Sales Order)
Berikut
akan saya jabarkan cara menggunakan
atau panduan menggunakan modul Add on (Dates
on
Sales Order): ketika klik “Create” pada “Quotation” isi “Valid Until”.
Kegunaan Modul Add-On (Dates
on Sales Order)
Dates on Sales Order merupakan modul tambahan yang
bisa kita dapatkan dengan cara
mendownloadnya di menu Apps. Modul ini berfungsi
memberikan batas waktu pemesanan.
Perbedaan Setelah Install Modul Add-On (Dates on Sales Order)
Berikut
saya akan menjelaskan perbedaan setelah mendownload modul Add on yaitu Dates on Sales Order pada modul Sales Management.
Pada
sub menu “Sales” ketika klik “Quotation” lalu klik “Create” akan muncul
perbedaan seperti
dibawah ini.
Cara
Install Modul Add-On (Sale
Order Line View)
Cara menginstall add-ons pada
odoo di modul website yang pertama masuk pada odoo berkahjaya dapat dilihat
pada gambar dibawah ini.
Kemudian buka Menu Add-Ons pada
google drive, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Setelah itu copy “Sale Order Line View”
pada search seperti pada gambar dibawah ini.
Enter dan akan muncul seperti
pada gambar dibawah ini.
Setelah
modul yang diinginkan muncul, maka klik Install pada modul yang muncul, lalu
tunggu sampai proses ini berakhir. Berakhirnya proses ini dapat dilihat dari
tulisan “Installed” yang terdapat pada bawah kotak dialog pendowloadan modul.
Panduan
Cara Menggunakan Modul Add-On (Sale
Order Line View)
Modul add on (Sales Order Line View) hanya bisa ditampilkan namun tidak dapat digunakan karena
data telah
terisi oleh kelompok sebelumnya.
Kegunaan Modul Add-On (Sales
Order Line View)
Sales Order Line View merupakan modul tambahan yang
bisa kita dapatkan dengan cara
mendownloadnya di menu Apps. Modul ini berfungsi untuk
menampilkan data
pemesanan.
Perbedaan Setelah Install Modul Add-On (Sale Order Line View)
Berikut
saya akan menjelaskan perbedaan setelah mendownload modul Add on yaitu SalesOrder
Line View pada
modul Sales Management
Pada sub menu “Sales” tampilannya akan berganti dan bertambah dengan Menu “Sales
Order Line
View.”
#UPERP8UAS03A, #UPERP8UAS03B, #UPERP8UAS03C,
#UPERP8UAS03D, #UPERP8UAS03E, #UPERP8UAS03F
NOMER 4
Gambar diatas termasuk dalam proses bisnis
yaitu pembelian makanan pada restaurant
Yoshinoya. Berikut ini merupakan analisis data dari struk pembelian makanan di
Yoshinoya:
Nomer 1 :
Yoshinoya merupakan nama restaurant
tersebut. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Sales and Marketing.
Nomer 2 :
Margo City merupakan tempat dimana restaurant
itu berada. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Sales and Marketing.
Nomer 3 :
1 POS 1 merupakan kasir dimana kita memesan makanan. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Admin.
Nomer 4 :
13032 merupakan nik pegawai kasir. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Admin.
Nomer 5 :
Michael D adalah nama pegawai kasir yang melayani. Bagian ini merupakan bagian dari Modul Admin.
Nomer 6 :
268090 menunjukkan banyak orang yang sudah dilayani. Bagian ini merupakan dari Modul Purchase.
Nomer 7 :
Tanggal pembelian. Penjelasan ini merupakan bagian dari penjelasan Modul Purchase.
Nomer 8 :
Waktu pembelian. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Purchase.
Nomer 9 :
Gojek sebagai pembeli atau partner dari restaurant
Yoshinoya. Penjelasan ini merupakan bagian dari restaurant.
Nomer 10 :
Merupakan kuantitas makanan yang dibeli.
Nomer 11 :
Merupakan makanan yang dipesan.
Nomer 12 :
Biaya makanan yang dipesan. Penjelasan ini merupakan bagian dari modul Account and Finance.
Nomer 13 :
Total biaya makanan yang dipesan. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Account and Finance.
Nomer 14 :
Pajak restaurant yang dikenakan. Penjelasan
ini merupakan bagian dari Modul Account and Finance (Tax).
Nomer 15 :
Total biaya makanan yang dipesan ditambah pajak restaurant itu semua yang harus dibayar. Penjelasan ini merupakan
bagian dari Modul Account and Finance.
Nomer 16 :
Pembayaran tunai dengan uang sejumlah 110.000. Penjelasan ini merupakan bagian dari modul Account and Finance.
Nomer 17 :
Pembayaran tunai dengan uang sejumlah 110.000. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Account and Finance.
Nomer 18 :
Merupakan kembalian yang harus dikembalikan kepada pelanggan. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Account
and Finance.
Nomer 19 :
Waktu selesai dilayani. Penjelasan ini merupakan bagian dari Modul Purchase.
Nomer 20 :
Ucapan terimakasih dan ditunggu untuk datang kembali.
Nomer 21 :
Jika ingin mengkritik dan memberi saran dapat mengirim ke email yang tertera pada struk.
Menurut saya, tampilan dari struk pembayaran
pembelian makanan ini sudah sangat jelas dan mempermudah untuk menganalisa
makanan apa aja yang diibeli. Bukti pembayaran ini simpel namun cukup jelas dan
lengkap mengenai data-data yang ditampilkan.
#UPERP8UAS04
NOMER 5
#UPERP8UAS05
#UPERP8UAS05