Kamis, 27 Oktober 2016

UTS ERP MODUL 1 - PURCHASE (AAFIYAH MUTHIAH SALAM 4413210001)

Assalamualikum wr.wb ....
Halo semua, perkenalkan saya Aafiyah Muthiah Salam dengan npm: 4413210001 yang akan menuliskan sebuah blog yang berisi jawaban dari empat soal ujian tengah semester matakuliah Enterprise Resources Planning (ERP). Berikut jawaban dari ujian tengah semester ini. 

1. Soal pertama dalam UTS kali ini adalah mahasiswa dituntut untuk mendeskripsikan dan menjelaskan sebuah modul yang dimana penulis mendapatkan bagian modul purchase management dengan menggunakan database dari PT. Jelly Fish (mendiskripsikan di Gitbook) dan yang perlu diketahui bahwa PT. Jelly Fish merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa cleaning service dan service sebagai supplier jasa dari PT. KITA. Berikut screenshoot tugas yang telah saya kerjakan pada Gitbook. 

Tampilan Tugas Awal Gitbook

Tampilan Awal Jawaban Nomor 1

Tampilan Review Quotation pada Gitbook

Tampilan Review Purchase Order pada Gitbook


Setelah mereview modul dengan menggunakan Gitbook maka selanjutnya adalah update progress pada trello mulai dari aktifitas To-Do, Doing dan Done. Berikut screenshoot dari aktifitas To-Do.
Tampilan Aktifitas To-Do pada Quotation

Tampilan Aktifitas To-Do pada Purchase Order

Kemudian update progress pada trello menjadi aktifitas Doing. Berikut screenshoot dari aktifitas Doing. 
Tampilan Aktifitas Doing pada Quotation

Tampilan Aktifitas Doing pada Purchase Order

Update progress terakhir yaitu pada aktifitas Done. Berikut screenshoot dari aktifitas Done. 

Tampilan Aktifitas Done pada Quotation

Tampilan Aktifitas Done pada Purchase Order

Link Gitbook Jawaban Nomor 1:

https://www.gitbook.com/book/ghanishani/uts-erp-review-odoo/edit#/edit/master/soal_nomor_1.md

Link Trello Nomor 1:

https://trello.com/c/0bVKrstJ/1-jawaban-nomor-1-purchasing-management

#UTSRegERPGasal2016 #ExploreDatabase #HarisAS.,ST.MBA.


2. Pada soal nomor 2, saya harus menjelaskan alur bisnis proses PT. Jelly Fish. Berikut penjelasan alur bisnis proses PT. Jelly Fish. 

Manajemen data master merupakan metode yang digunakan untuk menyatukan seluruh data perusahaan dalam sebuah file yang dinamakan file induk. Manajemen data master dapat menampilkan atau berbagi data anatara para personil perusahaan bahkan sampai pada tingkat departemen. Tujuan dari manajemen data master adalah menyediakan proses untuk mengumpulkan, menggabungkan, mencocokan, konsolidasi, kualitas, menjamin dan mendistribusikan data kepada seluruh personil perusahaan guna untuk mengontrol penggunaan dan pemeliharaan file induk.

Canggihnya manajemen data master yaitu dapat menghapus duplikat dari file induk dan dapat menghilangkan data-data yang tidak benar dalam rangka menciptakan file induk yang rapih dan bersih. Sehingga, sebuah perusahaan hanya menggunakan satu data yang sama tanpa adanya perbedaan data antar departemen. Manajemen data master terdiri dari proses, tata kelola, kebijakan, standar dan alat-alat yang secara konsisten mendefinisikan dan mengelola data penting dari suatu organisasi atau perusahaan untuk memberikan satu titik acuan. 
Gambar Alur Bisnis Proses PT. Jelly Fish

Gambar diatas merupakan gambar bisnis proses master data PT. Jelly Fish yang mana PT. Jelly Fish merupakan supplier jasa dari PT. KITA. Berdasarkan gambar diatas dapat diketahui bahwa setelah pengguna mulai menggunakan file induk, maka data akan ditampilkan, kemudian pengguna mengakses data barang (jika pengguna membutuhkan data barang) lalu menjalankan data. Jika data ok maka  pengguna mengambil data entity barang. Jika data tidak ok, maka pengguna mengirim list barang. Kemudian, pengguna atau user menampilkan form barang yang kemudian datanya di input dan selanjutnya mengirim parameter barang. Jika parameter barang ok maka pengguna dapat langsung mengambil data entity barang, selanjutnya data di distribusi, maka proses selesai. Tetapi, jika parameter barang tidak ok maka lakukan lagi hal yang sama yaitu mengirim list barang dan memperbarui form barang kembali. 

Setelah mereview alur bisnis proses PT. Jelly Fish maka yang selanjutnya dilakukan adalah update progress review alur bisnis proses pada trello mulai dari aktifitas To-Do, Doing dan Done. Berikut screenshoot dari aktifitas To-Do.


Tampilan Aktifitas To-Do


Tampilan Aktifitas Doing


Tampilan Aktifitas Done

Link Trello Nomor 2:

https://trello.com/c/LwyqpDxO/23-jawaban-nomor-2-alur-bisnis-proses-pt-jelly-fish

#UTSRegERPGasal2016 #AlurBisnisProses #HarisAS.,ST.MBA.


3. Pada soal nomor 3 ini, mahasiswa hanya diberikan tugas untuk memberikan pertanyaan dalam forum Odoo Indonesia. Berikut screenshoot pertanyaan yang saya posting dalam forum Odoo Indonesia. 

Gambar Pertanyaan pada Forum Odoo Indonesia

bagaimana cara membuat pertanyaan dalam forum Odoo Indonesia seperti apa yang saya lakukan sebelumnya? Berikut akan saya jelaskan tahap-tahap pembuatannya. 
a. Search di google dengan keyword "forum odoo indonesia" seperti tampilan dibawah ini. 


b. Setelah searching maka tampilan google akan seperti gambar dibawah ini. Kemudian,pilih yang paling atas. 


c. Maka tampilan yang muncul selanjutnya adalah tampilan Odoo seperti dibawah ini. Klik website di pojok kiri atas agar dapat membuka forum Odoo Indonesia.


d. Berikut tampilan awal forum Odoo Indonesia. 


e. Klik "Sign In" dipojok kanan atas untuk mendaftar kedalam forum Odoo Indonesia. Maka tampilan yang muncul akan seperti gambar dibawah ini. 


Setelah muncul tampilan seperti diatas klik "Sign Up" untuk mendaftar.

f. Setelah mendaftar maka tampilan forum Odoo seperti dibawah ini. Setelah itu memilih klik forum dan pilih salah satu kategori forum yang tersedia. 


g. Muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian klik "Ask a Question" pada pojok kanan. 


h. Terakhir,  langsung saja isi pertanyaan pada kolom yang telah disediakan. 

Link Pertanyaan Nomor 3:

http://odoo.or.id/forum/technical-2/question/demo-odoo-130


#UTSRegERPGasal2016 #TopicForumOdoo #HarisAS.,ST.MBA 


4. Pada soal nomor 4 ini, jika bagian menu Odoo datanya masih ada yang rumpang maka mahasiswa harus menjelaskan tentang alur pengolahan data, cara kerja dan kinerja masing-masing perusahaan. Karena menu PR dan Receiving tidak ada di modul Purchase sehingga dilengkapi pada nomor 4 ini.  Setelah penulis mencari-cari dimana letak bagian PR dan Receiving pada database hasilnya adalah tidak adanya atau tidak ditemukannya bagian tersebut. Sehingga, pada lembar jawaban nomor empat ini penulis akan sedikit menjelaskan PR, Receiving, beberapa bagian lainnya yang berada dalam modul purchase dan membahas apakah system purchasing pada PT. Jelly Fish baik atau tidak.

Purchase Requisition atau PR merupakan sebuah permohonan persetujuan untuk pembelian barang atau service. Permohonan ini biasanya berhubungan dengan persetujuan pembelian tentang nilai dari barang yang akan dibeli (jumlah barang, harga barang), spesifikasi dari barang maupun pengaturan cash. Mungkin PR disini hampir sama dengan Request for quotation dalam modul purchase di Odoo. Sehingga, dalam lembaran ini maka penulis membahas Request for quotation. Sedangkan receiving atau penerimaan barang merupakan laporan atau form tanda terima penerimaan barang produk maupun jasa, receiving disini mungkin sama dengan bagian Incoming Products pada modul purchase Odoo sehingga penulis membahas Incoming Products dalam lembar jawaban ini.  Seluruh penjelasan dijelaskan didalam Gitbook dan berikut screenshootnya. 


Tampilan Awal Jawaban Nomor 4


Tampilan Review Request For Quotation atau PR pada Gitbook


Tampilan Review Incoming Products atau Receiving pada Gitbook

Link Gitbook Jawaban Nomor 4:

https://www.gitbook.com/book/ghanishani/uts-erp-review-odoo/edit#/edit/master/jawaban_nomor_4.md

#UTSRegERPGasal2016 #ExpandDatabaseWorkflow #HarisAS.,ST.MBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar